Hari Blogger Nasional

HARI BLOGGER

Hari ini tanggal 27 oktober dimana para menteri kabinet kerja akan dilantik oleh presiden bertepatan dengan hari blogger nasional. Hari blogger nasional pertama kali ditetapkan oleh menkominfo Muhammad Nuh pada tahun 2007 pada acara Pesta Blogger di Jakarta. Sejak saat itu tgl 27 oktober resmi menjadi Hari Blogger Nasional. Meskipun 3 tahun belakangan ini sudah agak berkurang gaungnya lagi.

Harapan saya saya sebagai blogger gadungan di hari ini tidaklah muluk-muluk. Semoga dengan bertepatan nya Hari Blogger dengan penunjukan Menkominfo yang baru dapat memberi perubahan yang lebih baik untuk Indonesia. Kalau melihat dari profilnya, sosok Menkominfo kali ini sudah malang melintang di Industri telokumunikasi sebelumnya. Mudah-mudahan tidak lagi keluar pertanyaan “Internet Cepat buat Apa ?”. Ini loh pak, kalau saya buat ngeblog salah satunya 😛

Selamat Hari Blogger Nasional !

sumber gambar : narkochi.blogspot.com

Iklan

Oleh – Oleh Short Travel ke Cards & Payments Asia 2014, Singapore

Selasa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Cards & Payments Asia 2014 yang diadakan di Suntec Singapore International Convention & Exhibition Centre. Lumayan lah, kapan lagi gitu lho bisa menghadiri pameran besar diluar negri, dibayarin pula ;)) Eventnya sendiri berlangsung pada hari rabu dan kamis tanggal, 23-24 April 2014. Namun saya dan rombongan, berangkat dari bandung pada hari selasa siangnya. Supaya bisa nyari hotel dan survey tempat pameran dulu.

Sesampainya dibandara changi singapura, saya langsung dibuat takjub dengan luas dan rapinya bandara tersebut (maklum, di Indonesia belum nemu bandara yang kayak gitu). Dan saya pun sukses bingung mau ngapain pas sampai disana, ketauhuan belum pernah ke singapur :P. Untungnya semua anggota tim yang bareng dengan saya sudah pernah kesini sebelumnya.

Selesai berurusan dengan bagian migrasi, kita langsung cabut ke hotel untuk check in dulu. Sekalian untuk menyimpan koper dikamar daripada harus nenteng kesana kemari. Hotel yang dibooking tidak jauh dari tempat exhibitionnya yaitu disekitar victoria st. Beres check in plus istitrahat sebentar sambil menghilangkan jet lag, kita langsung cari makan, sebelum menjelajah tempat pameran yang dituju.

Alhamdulillah ternyata negara singapore meskipun terdiri dari multi etnis, restorannya sangat – sangat muslim friendly. Tidak susah untuk mencari restoran yang halal disini. Cukup melihat dipintu masuk restoran apakah ada label halal singapore atau tidak. Hampir setiap food court yang saya jelajahi, mempunyai 1-2 restoran yang ada label halalnya. Karena sudah lapar sekali, akhirnya pilihan jatuh ke gerai yang paling dekat dari hotel saja, yaitu McD :)) Selesai dengan urusan perut, kita lanjut survey tempat exhibition. Tempatnya cukup dekat dari hotel tempat kami menginap. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit, atau bisa juga dengan menggunakan bus dan mrt yang berjarak satu stasiun saja. Baca lebih lanjut

Refreshing Menyambut Ramadhan 1434 (Puncak Darajat)

Mumpung kampus tempat saya mengajar sedang liburan dari masa perkuliahan normal, teman2 (gila) yang biasa menjadi teman untuk bermain futsal mengadakan acara touring bersama ke salah satu daerah di kawasan garut. Tempat yang menjadi tujuan kali ini adalah daerah puncak darajat. Ide touring ini sendiri tercetus secara spontan oleh salah satu penghuni group yang menjabat sebagai ketua RT 😛 .

Jalur ekstrem kamojang

Jalur ekstrem kamojang

Touring dimulai dari daerah kampus yang terletak di Jalan Telekomunikasi Bandung. Kami berangkat selepas sholat jumat tanggal 5 juli 2013. Jalur yang dipilih melewati jalir alternatif Majalaya – Garut yang melalui daerah ibun – kamojang. Ternyata jalurnya cukup ekstrim. Hal ini dikarenakan jalur yang dilewati hampir 70% tanjakan, disertai dengan kualitas jalan yang sudah banyak berlubang. Sangat menantang apalagi bagi motor saya yang hanya berkekuatan 110cc dengan transmisi automatic. Salah satu jalur ekstrim yang ada bisa dilihat digambar. Saking ekstremnya ada salah dua motor anggota yang ikut tidak kuat untuk sampai ke belokan puncak. yang satu karena memang motornya sudah tidak sanggup lagi, yang satu lagi karena salah mengambil jalur (terlalu kepinggir). Motor saya ? Alhamdulillah berhasil melewati jalur ini, meskipun agak sedikit salah mengambil jalur juga (agak ketengah) dan setelah berhasil melewati puncak tanjakan motor kehilangan tenaga dan mati secara mendadak (untung dah samapai puncak 😛 ). Baca lebih lanjut

Pemanfaatan Teknologi dan Sosial Media untuk Produk Pertanian

Teknologi informasi merupakan sarana potensial yang dapat mendukung akses petani terhadap sumber informasi produksi maupun pemasaran. Dengan kemampuan teknologi yang mampu menjangkau tanpa batas dan didesain berbasis komunitas, akan mampu melahirkan kekuatan baru yang sangat dahsyat. Dengan kemampuan teknologi pula contohnya sosial media akan menjadi kekuatan yang luar biasa dalam pemasaran era digital. Sehingga penguasaan akses informasi oleh petani akan semakin meningkatkan posisi dan peran kelembagaan petani dalam mengembangkan pasar dan menjalin kerjasama.

Pemanfaatan ICT (Information and Communication Technology) di Indonesia untuk kegiatan perdagangan maupun community-based action di tingkat kelembagaan petani sangatlah tertinggal bila dibandingkan di negara lain. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai tukar petani dan minimnya aksesibilitas informasi, sehingga mengakibatkan bargaining position kelembagaan petani sangatlah rendah. Oleh karena itu disini diperlukan terobosan dengan memanfaatkan ICT dalam membangun network maupun market berbasis community melalui teknologi social media. Social media (facebook, twitter, linkedln, blogs dan lain-lain) yang saat ini tengah fenomenal dan membentuk “cracking zone” baru dalam lifestyle sangat efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembentukan e-agribusiness dalam membangun network maupun memperluas pasar (market).

Baca lebih lanjut

Selamat Idul Adha 1432 H

Jika masuk tanggal 10 DzulHijjah dan ada salah seorang di antara kalian yang ingin berkurban, maka hendaklah ia tidak cukur atau memotong kukunya.

HR. Muslim.

Selamat Idul Adha 1432 H. Semoga tahun ini Indonesia tidak lagi mengalami perbedaan penetapan jatuhnya 10 dzulhijjah (Aminnn …). Berikut ada beberapa comicstrip kepunyaan chikenstrip tahun lalu untuk memeriahkan suasana idul adha kali ini 😀

Baca lebih lanjut

Kucindan Logo Contest

Seperti yang diketahui, kucindan kan baru saja launching nih. Tentu saja dalam peluncuran perdananya tersebut masih banyak terdapat kekukarangan, salah satunya yaitu belum terdapat logo official kucindan. Nah, untuk itu kucindan mau mengundang teman2 sekalian untuk merancang dan memajang hasil karyanya dalam mengekspresikan design logonya untuk kucindan.

Bagi yang pengen ikutan, ketentuan lombanya adalah :

* Hasil karya logo merupakan karya orisinil dan belum atau tidak sedang dalam tahap mengikuti lomba lainnya.
* Design logo dibuat dalam 2 versi, Full colour dan BW (black & white).
* Masing peserta boleh mengikutsertakan lebih dari satu hasil karyanya.
* Masing design yang akan diikutsertakan diupload pada forum kucindan dengan membuat satu topic didalam kategori Kucindan Logo Contest.
* Batas terakhir pemajangan hasil design s/d 17 Agustus 2009.

Hadiah lomba :
Kepada pemenang yang logonya terpilih, akan diberikan penghargaan berupa, satu set merchandise kucindan dengan menggunakan logo yang terpilih. Serta akan diberikan hadiah berupa satu domain pilihan pemenang (com/net/org/info) beserta hosting server (1 GB space, 10 GB bandwidth, unlimited others) selama satu tahun.

Selain hadiah untuk pemenang, kepada 10 peserta lain yang berhasil meraih jumlah post tertinggi pada topic hasil design masing2, juga akan di berikan satu set merchandise kucindan dengan menggunakan logo yang terpilih.

Menarik bukan. so, tunggu apa lagi, segera pajang hasil karyamu sekarang juga 😉

Ipod Shuffle

Bebersih Jilid 5

Ya ya …

smua pasti sudah mengira postingan para batagoris dan batagoras (lho) untuk beberapa hari kedepan, tidak akan jauh2 dari event yang cukup heboh diadakan (bebersih jilid lima itu). Tapi saya tidak akan repot2 menyuguhkan jalan cerita apa yg terjadi dan bagaimana kejadiannya, kalo maksa juga baca sendiri aja yak di sini, situ, sinan, sono, diditu, didinyak, didieu, dan dimari. plus di tambah side story tentang sbux itu. Kembali ke judul diatas, ipod shuffle yang merupakan door prize yg di tunggu – tunggu akhirnya jatuh ke tangan seorang Yudha. Bahkan dirinya sendiri masih tidak percaya ketika si ipod telah berada di genggaman tangannya :))

Well, pastinya acara bebersih kali ini merupakan kopdar paling rame yg pernah saya ikuti, banyak wajah baru dan teman baru yg saya jumpai, tidak rugi rasanya saya berusaha untuk dapat bangun di minggu pagi kali ini (Biasanya pagi itu baru bisa tidur ;)) ).

Terima Kasih untuk semua batagor yg telah menyiapkan acara ini, dan terima kasih juga untuk studio kaos yg mau memberikan saya kaos untuk kedua kalinya :D. Dan tak lupa juga terimakasih untuk teman2 kelompok 4 acara game tadi (Kelompok ini yg membuat saya berhak untuk mendapatkan kaos yg kedua kalinya itu :D, meskipun dengan seribu satu cara (ssstttt, private to group 4 only :-$ ) ). Kelompok kita emang paling rame. Tadi teh yg di kelompok sapa aja yah :-/, Gie, Angga, Imam, Bagus, Rully, Hook, Agung, Shinta, Linda, Feby, Opie, Novie, Numa, Nesya, Fauzan (yang belum ke absen cung, lupa lagi sayah 😀 ). Thanks All

Fotonya di comot dari sini

geMas TIK

Apa itu geMas TIK ?

Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2008, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pesera didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tujuan Umum

  1. Meningkatkan hubungan/interaksi di lingkungan dunia akademisi juga dunia akademisi dengan industri dalam pengembangan TIK.
  2. Mendorong peningkatan kegiatan riset TIK di kalangan mahasiswa perguruan tinggi dan menerapkan TIK di lingkungan masyarakat Indonesia.
  3. Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan TIK.
  4. Penyebarluasan informasi dan penguasaan TIK di lingkungan PT ke segenap kalangan masyarakat Indonesia.
  5. Ikut meningkatkan jumlah HAKI di Indonesia.
  6. Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi.
  7. Mendorong interaksi antara PT dengan memanfaatkan teknologi TIK.
  8. Mengurangi kesenjangan digital di tanah air.

Baca lebih lanjut

Demam Euro

Euro 2008Perhelatan Euro 2008 sebentar lagi akan segera berlangsung. 16 team eropa yang telah lolos babak kualifikasi akan berjuang untuk memperebutkan piala euro dari tangan sang juara yunani.

Meskipun piala euro kali ini tidak dapat mengikutsertakan team inggris dikarenakan mereka tidak dapat menyelesaikan putaran awal dengan nilai yang memuaskan :D. Yah, begitulah sepakbola, semua tidak bisa di tebak dengan hitungan rumus matematika. Kejutan selalu ada, Setelah di piala euro 2004 team orange Belanda yang tidak dapat tampil di putaran final, Siapa yang menyangka bahwa euro kali ini meninggalkan inggris yang dengan ironisnya telah berhasil merajai eropa sendiri dengan mengirimkan dua wakil liga nya di final piala champions yang lalu.

Kejutan untuk tahun ini masih tetap berlanjut. seperti yang telah kita ketahui bersama, euro kali ini menciptakan sebuah group panas yang di prediksi akan ketat sekali persaingannya. Group yang bernama Group C ini di huni oleh kekuatan besar eropa (Belanda, Italia, Rumania, Perancis). Coba tebak yang siapa yang bakal lolos ;))

Buat menemani euro kali ini. Barusan dapat kiriman dari teman jadwal lengkapnya. Bagi yang belum punya, Monggo di sedot.

Jadwal Euro 2008