Beranda » Review » Pencatat Anggaran Pribadi

Pencatat Anggaran Pribadi

Habis baca tulisan catatan anggarannya si obi, muncul pertanyaan dalam hati (pasang muka ala sinetron dengan kamera dizoom) “Ada gak yah aplikasi sederhana untuk buat catatan keuangan pribadi yang bisa di install di gadget ?”. Soalnya yang paling sering digunakan dan dilihat apalagi kalau bukan gadget. Kalau catatan sederhana yang disimpan di laptop nya sih sudah ada. Biar lebih fleksibel aja buat update dan baca2nya.

Ngubek-ngubek di Play Store dengan kata kunci “Pencatat Keuangan” hasilnya ternyata banyak juga. Pengennya install yang versi lokal aja biar gak ribet. Kalaupun yang versi bule, nyari yang ada bahasa indonesianya. Itung2 sekalian mempromosikan developer Indonesia juga 😀 . Berikut sedikit review aplikasi yang sudah saya coba :

1. Pencatat Keuangan

Aplikasi ini berada paling atas dari hasil pencarian dengan kata kunci yang saya inputkan. Ukuran filenya sekitar 1.3 MB. Versi terakhir yang tersedia adalah versi 1.5.1 yang diupload pada tanggal 7 maret 2014 dengan dukungan sistem operasi mulai dari Android versi 2.2. Aplikasi ini telah diinstall di 50.000+ pengguna dan direkomendasikan oleh 1258 orang.

Halaman Awal

Halaman Awal

Tak heran memang mengapa aplikasi ini berada diperingkat paling atas, karena fitur yang disedikan cukup melimpah. Halaman awal dari aplikasi ini menampilkan rangkuman dari pemasukan dan pengeluaran yang telah diinputkan. Selain itu juga terdapat menu untuk mengakses fitur yang tersedia yaitu : Pencatatan Pengeluaran, Pencatatan Pemasukan, Pencatatan Transfer, Riwayat Transaksi, Pencatatan utang, Pencatatan Piutang, Laporan, Pengaturan, Backup, Restore.

Laporan

Laporan

Yang menjadi nilai plus di aplikasi ini adanya fitur laporan yang cukup komplit. Laporan bisa diset per minggu, bulan bahkan tahunan. Laporan juga dapat diekspor ke file dengan format xls. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur backup dan restore, sehingga dapat memudahkan kita untuk menyimpan dan mengembalikan hasil transaksi yang pernah kita inputkan sebelumnya.

fitur backup dan restore

fitur backup dan restore

Hanya satu hal yang menjadi sedikit ganjalan pada saat saya mencoba aplikasi ini. Yaitu ketika menginputkan pengeluaran, aplikasi menolak untuk menyimpan transaksi yang sudah saya inputkan karena saya belum menginputkan pemasukan. Padahal saya menginputkan pengeluaran terlebih dahulu, karena transaksi tersebut yang teringat dan yang paling terdekat saya lakukan.

2. Pengelolaan Keuangan

Aplikasi berikutnya yang saya coba berada diurutan kedua hasil pencarian bernama Pengelolaan Keuangan. Versi terakhir yang tersedia adalah versi 2.0 yang diupdate pada tanggal 24 Juni 2014 dengan ukuran yang cukup kecil yaitu 311 KB saja. Sistem operasi yang didukung mulai dari Android versi 3.0 keatas.

Halaman Awal

Halaman Awal

Kesan pertama ketika menjalankan aplikasi ini adalah “to the point”, karena yang ditampilkan langsung berupa form inputan untuk transaksi pengeluaran. Fiturnya pun tidak banyak tapi cukup untuk pencatatan keuangan yaitu : Pencatatan Pengeluaran, Pemasukan, Histori Pemasukan, Histori Pengeluaran, dan Laporan Transaksi Keseluruhan.

Halaman Pencatatan Keuangan

Halaman Pencatatan Keuangan

Sewaktu mencoba menginputkan transaksi, kategorinya masih kosong, tapi bingung dimana menu untuk menambahkan kategori tersebut. Setelah dicari-cari ternyata fitur itu berada di menu bantuan *tepokjidat*.  Satu hal lagi yang menjadi ganjalan adalah kolom keterangan wajib diisi, jika dikosongkan applikasi menolak untuk menyimpan transaksi yang kita inputkan. Harusnya ini optional saja, karena sudah ada inputan kategori yang bisa mewakili. Lagian kan tidak harus semua transaksi harus ada keterangannya toh.

Halaman Kategori berada di Menu Bantuan

Halaman Kategori berada di Menu Bantuan

3. PEP’eku – Buku Kas Personal

Aplikasi terakhir yang saya coba install adalah aplikasi PEP’eku. Aplikasi ini telah diinstall oleh 10.000 lebih pengguna. Terakhir diupdate pada tanggal 12 september 2013. Fitur yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari pencatatan transaksi, laporan dan catatan. serta ada juga fitur pencarian.

halaman-awal

Halaman Awal

Salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini dibandingkan aplikasi yang sebelumnya adalah : PEP’eku menggunakan cloud sebagai media penyimpanannya. Semua transaksi yang kita inputkan akan disimpan diserver mereka. Dengan begitu, kita bisa melihat semua record yang telah kita buat dari manapun dan kapanpun. Karena selain aplikasi Android, mereka juga menyediakan versi blackberry, varsi browser desktop dan browser mobile. Semua itu dapat kita akses dengan mempergunakan akun yang kita buat pada saat pertama kali menjalankan aplikasi.

Laporan Keuangan

Laporan Keuangan

Namun keunggulan yang mereka tawarkan ini, sekaligus menjadi kekurangan menurut saya. Karena di applikasi android yang mereka buat : setiap kali kita ingin menambahkan transaksi pemasukan dan pengeluaran maka kita harus dalam keadaan online. Bahkan untuk melihat transaksi yang sudah diinputkan pun harus tetap online. Andai saja mereka membuatnya dengan menggunakan teknik sinkronisasi seperti aplikasi-aplikasi catatan kecil yang populer misalnya evernote, maka tanpa harus terhubung dengan internet pun aplikasi tetap bisa dijalankan. Setelah tersambung kembali barulah disinkronisasikan dengan data yang ada di server.

Catatan

Catatan

Sekian dulu review singkat tiga aplikasi pencatat transaksi keuangan yang bisa digunakan di gadget dengan sistem operasi Android. Semoga bermanfaat !

Iklan

3 thoughts on “Pencatat Anggaran Pribadi

  1. Ping-balik: Aplikasi Pencatat Anggaran Pribadi | Ripiu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s