Beranda » Event » Oleh – Oleh Short Travel ke Cards & Payments Asia 2014, Singapore

Oleh – Oleh Short Travel ke Cards & Payments Asia 2014, Singapore

Selasa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara Cards & Payments Asia 2014 yang diadakan di Suntec Singapore International Convention & Exhibition Centre. Lumayan lah, kapan lagi gitu lho bisa menghadiri pameran besar diluar negri, dibayarin pula ;)) Eventnya sendiri berlangsung pada hari rabu dan kamis tanggal, 23-24 April 2014. Namun saya dan rombongan, berangkat dari bandung pada hari selasa siangnya. Supaya bisa nyari hotel dan survey tempat pameran dulu.

Sesampainya dibandara changi singapura, saya langsung dibuat takjub dengan luas dan rapinya bandara tersebut (maklum, di Indonesia belum nemu bandara yang kayak gitu). Dan saya pun sukses bingung mau ngapain pas sampai disana, ketauhuan belum pernah ke singapur :P. Untungnya semua anggota tim yang bareng dengan saya sudah pernah kesini sebelumnya.

Selesai berurusan dengan bagian migrasi, kita langsung cabut ke hotel untuk check in dulu. Sekalian untuk menyimpan koper dikamar daripada harus nenteng kesana kemari. Hotel yang dibooking tidak jauh dari tempat exhibitionnya yaitu disekitar victoria st. Beres check in plus istitrahat sebentar sambil menghilangkan jet lag, kita langsung cari makan, sebelum menjelajah tempat pameran yang dituju.

Alhamdulillah ternyata negara singapore meskipun terdiri dari multi etnis, restorannya sangat – sangat muslim friendly. Tidak susah untuk mencari restoran yang halal disini. Cukup melihat dipintu masuk restoran apakah ada label halal singapore atau tidak. Hampir setiap food court yang saya jelajahi, mempunyai 1-2 restoran yang ada label halalnya. Karena sudah lapar sekali, akhirnya pilihan jatuh ke gerai yang paling dekat dari hotel saja, yaitu McD :)) Selesai dengan urusan perut, kita lanjut survey tempat exhibition. Tempatnya cukup dekat dari hotel tempat kami menginap. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit, atau bisa juga dengan menggunakan bus dan mrt yang berjarak satu stasiun saja.

Bergaya dulu sebelum masuk ke pameran

Hari pertama di tempat pameran, saya dan team berkunjung ke salah satu booth rekanan perusahaan kami. Kebetulan sehari sebelumnya sudah buat janji dengan mereka. Selesai berbincang – bincang mengenai masalah teknis, kami lanjut berkeliling untuk melihat – lihat stand yang lain. Dari beberapa stand yang kami kunjungi, ada beberapa stand yang cukup menarik perhatian saya. Disana saya melihat arah dan trend untuk card payment mulai bergerak menuju ke wearable technology.

Apa itu wearable ? secara sederhana : jika sebelumnya trend untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu magnetic seperti atm, kemudian beralih ke smart card yang memiliki chip untuk penyimpanan data, maka saat ini mulai bergerak menuju alat yang bisa digunakan oleh manusia. Sebagai contoh beberapa alat yang saya lihat pada pameran tersebut menggunakan gelang karet yang sekaligus bisa dijadikan alat pembayaran.

Selesai mengunjungi pameran dihari pertama, saya dan seorang teman yang lain langsung bergerak menjelajahi daerah sekitar. Tempat pertama yang kami tuju adalah merlion park. Kata orang kurang afdhol rasanya kalau travel ke singapura, tapi belum mengunjungi dan berfoto di patung merlion singapura :)). Tepat diseberang merlion park ini berdiri pula hotel paling terkenal yaitu marina bay sand hotel, yang kalau dilihat dari kejauhan, dibagian atas hotel tersebut seperti papan selancar. Dan disampingnya sekaligus bisa mengunjungi stadion terapung, dan garden by the bay yang memiliki koleksi pohon dari berbagai belahan dunia.

Hari kedua kembali diisi dengan mengunjungi pameran. Pada hari ini, saya bersama seorang teman melakukan meeting dengan salah satu partner perusahaan kami yang ikut juga dalam acara ini. Dalam meeting tersebut mereka memperlihatkan produk terbaru mereka yang berupa printer kartu yang dilengkapi dengan laser writer sehingga selain dapat mencetak dikartu berbahan biasa seperti PETG, printer tersebut juga dapat memproses kartu yang diselipi dengan hologram yang terbuat dari bahan mirip dengan cd-r. Biasanya hologram tersebut digunakan untuk fitur security agar tidak mudah dipalsukan. Namun, pada demo kali ini, mereka juga mengatakan selain untuk fitur security, hologram tersebut dapat juga digunakan untuk menyimpan data up to 2MB besarnya. Wow, Amazing bukan. Smart Card yang menggunakan chip selama ini yang saya ketahui paling besar yang beredar dipasaran hanya dapat menyimpan data dengan ukuran ratusan kilo byte saja.

Pulang dari pameran, sorenya saya dan teman – teman telah merencanakan untuk menaiki singapore flyer. Singapore flyer ini adalah sebuah ferries wheel raksasa. Kalau yang pernah ke dunia fantasi ancol, mirip dengan wahana bianglala, tapi lebih besar lagi. Dari sini kita bisa melihat kota singapore secara lengkap, apalagi ketika kita berada diketinggian yang paling puncak. Dan pada malam harinya kami berpusing-pusing ria mengunjui mustafa centre untuk membeli oleh2. Sengaja kami membeli oleh-oleh pada hari ini agar besoknya bisa fokus untuk bermain-main seharian 😛

Singapore Flyer

Penampakan kota Singapura dari atas Singapore Flyer

Hari ketiga adalah hari yang ditunggu – tunggu. Karena pada hari ini sudah tidak ada lagi pekerjaan yang harus dilakukan, dan seharian bisa mengelilingi kota singapura. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan ini, jiwa petualang saya langsung bergelora. Karena hampir seua teman saya yang ikut sudah pernah ke singapura, jadilah paginya saya bertualang sendiri. Berbekal dengan hasil browsing semalam dan panduan google maps, saya mencari tempat untuk bisa memuaskan jiwa penjelajahan saya. Tujuan yang sudah ditetapkan adalah MacRitchie Reservoir. Ditempat ini kita akan disajikan dengan pemandangan danau yang begitu hijau dan sejuk seluas mata memandang. Disini saya melakukan trail run menuju Tree Top Walk dengan menyelusuri hutan tepi danau dengan jarak kurang lebih 5 KM. Meskipun lelah karena tanpa persiapan sama sekali, dan tanpa membawa bekal sama sekali bahkan air minum sekalipun. Untungnya ditengah perjalan sebelum sampai di Tree Top Walk terdapat sebuah pos keamanan, dan disana terdapat tap water (thanks god).

Danau di MacRitchie Reservoir

Tree Top Walk

Sesampainya di Tree Top Walk, rasa lelah terbayar sudah. Disini kita dapat merasakan sensasi berjalan diatas ketinggian. Tree Top Walk merupakan jembatan baja yang terbentang diantara dua pohon yang paling tinggi. Jembatannya sendiri dibuat seminimalis mungkin, sehingga kita masih dapat melihat keadaan dibawah kaki kita dari jembatan itu sendiri. Setelah melewati jembatan yang cukup menegangkan tersebut, kita masih akan disuguhi dengan pemandangan hutan hujan yang tertata rapi.

MacRitchie Trails

Puas menikmati MacRitchie dan TreeTopWalk, siangnya saya  kembali bergabung dengan teman yang lainnya yang sedari pagi menikmati malas-malasan mereka dikamar hotel. Kali ini kami berencana untuk bermain – main di Sentosa Island. Untuk menuju kesini tidak susah. Kita tinggal naik MRT yang menuju stasiun harbour front. Stasiun tersebut menyatu dengan mall diatasnya. Jadi sesampainya disana kita bisa berjalan – jalan terlebih dahulu di mall tersebut. Untuk menuju ke Sentosa Island ada 2 pilihan. Menggunakan mono rail atau menggunakan cable car / kereta gantung. Kebetulan kami sudah membeli paket wisata yang didalamnya termasuk menaiki cable car. Dari atas cable car kita kembali disuguhkan pemandangan pelabuhan harbour front dan dari atas tersebut kita juga bisa melihat secara keseluruhan apa saja permainan yang tersedia di Sentosa Island.

Penampakan Harbour Front dari atas Cable Car

Sesaat setelah menginjakkan kaki disentosa island, kita langsung berfoto – foto sambil menikmati pemandangan yang ada. Hal pertama yang akan kita jumpai jika kita mengunjungi sentosa island melalui cable card adalah wahana tiger sky tower. Setelah puas berfoto – foto kita menuju ke wahana yang sudah kita rencanakan, Luge & Skyride. Permainan ini seperti mengendarai go cart tapi yang ini mobilnya tanpa mesin. Mereka memanfaatkan gaya gravitasi sebagai tenaga penggeraknya. Jadi untuk menuju tempat start kita harus naik kereta gantung terlebih dahulu. Sesampainya diatas, kita akan diajarkan terlebih dahulu cara mengendarai Lugenya sendiri. Dan tanpa beralama lama lagi berlombalah kami meluncur kebawah sambil menikmati pemandangan yang indah disekitar lintasan.

Beres bermain Luge & Skyride kami bergegas menuju daerah pantai. Disini kami ingin menyaksikan pertunjukan Song of the Sea. Pertunjukan drama musikal yang menceritakan kisah tentang seorang pemuda yang ingin menyelamatkan tuan putri disebuah desa. Drama ini juga disertai dengan pertunjukan laser disemburan air dan ditambahakan pula dengan pertunjukan semburan api. Pokoknya seru dan dibikin takjub. Kalau berkunjung ke Sentosa Island, sempatkanlah untuk mengunjungi pertunjukan ini.

Pertunjukan Song of the Sea

Hari terakhir sebelum bertolak kembali menuju bandung, pagi harinya saya masih menyempatkan diri untuk mengunjungi botanic garden sambil lari pagi. Tamannya sangat luas sekali dan runner friendly sekali. Jalurnya larinya cukup beragam dan sangat luas. Jangankan kendaraan bermotor, sepeda pun tidak diijinkan untuk digunakan di taman ini. Selain berisikan beragam pohon dan danau kecil, taman ini juga berisikan berneka ragam bunga dan tumbuhan langka lainnya. Jadi, selain rekreasi kita juga bisa belajar dan melihat langsung mengenai aneka flora disini.

Jalur lari di Botanic Garden

Akhirnya sabtu siang, saya dan rombongan bertolak kembali menuju Bandung. Itulah sekelumit cerita short trip saya di Singapore. Sebenarnya ada beberapa cerita lagi yang ingin saya bagi, tapi takutnya terlalu panjang. Mungkin akan saya ceritakan secara singkat di tulisan berikutnya.

Belum Afdol kalau belum berfoto di patung Singa :)

Belum Afdol kalau belum berfoto di patung Singa 🙂

Garden by the Bay dilihat dari atas Singapore Flyer

2 thoughts on “Oleh – Oleh Short Travel ke Cards & Payments Asia 2014, Singapore