Beranda » Internet » Merubah domain blog WordPress menggunakan domain pribadi

Merubah domain blog WordPress menggunakan domain pribadi

Misalkan kita sudah punya blog di wordpress. Setelah beberapa lama asik dan tenggelam dalam dunia persilatan para blogger, terbesitlah keinginan untuk mempunyai blog dengan domain sendiri dengan berbagai macam alasan: Mungkin supaya terlihat lebih kelihatan profesional, ingin tampak lebih keren, atau ingin mencoba peruntungan untuk memonetize blognya dimana kebanyakan broker lebih menyukai jika blog kita menggunakan domain sendiri. Lalu timbul pertanyaan. kalau punya domain sendiri harus buat blog baru lagi yah? mindahin tulisan saya di blog yang lama gimana yah? reputasi blog saya mulai dari nol lagi dong yah?

Tidak usah bingung. Sekarang ada cara yang lebih praktis, lebih jitu, dan sekaligus dapat menghilangkan beberapa kekhawatiran yang ditanyakan diatas. Yaitu dengan mengarahkan langsung domain yang kita sewa langsung ke blog wordpress yang sudah kita punya. Jadi nanti ketika orang lain mengetikkan alamat domain yang kita punya, akan langsung menuju ke blog yang ada di wordpress sebelumnya. Hal ini juga dapat menghemat pengeluaran kita, karena kita tidak perlu lagi mengeluarkan budget tambahan untuk menyewa hosting, karena semua file untuk menampung tulisan kita, tetap berada di servernya wordpress.

Lalu bagaimana caranya ? Kalau sudah tidak sabaran, langsung saja nih. Tapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu anda sudah membayar tagihan domain anda supaya bisa diutak – atik 😛 . Dan jangan lupa pula kalau anda sudah diberi hak akses untuk melakukan konfigurasi terhadap domain tersebut.

  1. Login terlebih dahulu ke halaman kontrol panel tempat anda melakukan pembelian domain.
  2. Carilah menu untuk pengelolaan domain yang dapat merubah name servernya. (masing2 control panel kemungkinan agak berbeda menunya).
    kelola-domain
  3. Isikan pada kolom name server tersebut dengan isian berikut :
    NS1.WORDPRESS.COM
    NS2.WORDPRESS.COM
    NS3.WORDPRESS.COM
  4. Simpan hasil perubahan tersebut. (satu hal yang harus diingat, perubahan name server ini kadang membutuhkan waktu untuk proses update datanya, paling lama bisa memakan waktu 72 jam).
  5. Setelah melakukakn mapping domain ke name server wordpress, masuklah ke halaman administrator blog yang ada diwordpress.
  6. Pilihlah menu store -> domain.
    store-domain
  7. Masukkan url domain yang dipunyai dan sudah diupdate name server tadi dikolom isian yang tersedia.

    addnewdomain-mp6

  8. Terakhir pilih domain yang baru ditambahkan tadi dan jadikan sebagai primary domain dengan menekan tombol “update primary domain”.
    primary_domain-mp6
  9. Selesai. tinggal berdoa semoga cepat update.
  10. Setelah yakin cobalah akses domain yang sudah kita konfigurasikan tadi di browser.

Selamat Mencoba !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s